Sumber: http://kamu-klik.blogspot.com/2011/11/script-agar-setiap-link-di-blog-kita-di.html#ixzz1kKOSPdG6

Recent Posts

Image and video hosting by TinyPic

Tuesday, June 19, 2012

Desa Ciwaru Maju Ke Lomba Desa Tingkat Propinsi Jawa Barat

Desa Ciwaru Kecamatan Ciwaru ditetapkan sebagai desa terbaik dalam Lomba Desa/Keluraha tingkat Kabupaten Kuningan 2012 dan berhak mewakili Kabupaten Kuningan untuk maju ke tingkat propinsi.
         
Tim penilai sebanyak 8 orang dari tingkat Propinsi Jawa Barat yang dipimpin Hj. Dian Widya Amanawati, SH, CN, tiba di Ciwaru pada hari Jum’at (25/5) pukul 10.30. Kehadiran tim penilai disambut meriah seluruh warga desa Ciwaru dengan gelaran aneka seni tradisional, seperti pencak silat, rampak genjring, calung, reog, degung dan kesenian tradisional lainnya..
         
Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Kuningan Drs. H. Momon Rochmana, MM, Kepala BKPP wilayah Cirebon, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan H. Suraja,SE, M.Si, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kuningan Drs. Dian Rahmat Yanuar, M.Si, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kuningan Drs. H. Yayan Sofyan, MM, serta Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj. Utje Choeriyah Suganda.
         
Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kuningan H. Momon Rochmana mengungkapkan, bahwa dilihat dari sejarah, Desa Ciwaru memiliki nilai histories, karena dahulu sebagai ibu kota Keresidenan Cirebon, sehingga bukan tanpa alasan tim penilai menetapkan Desa Ciwaru sebagai yang terbaik di Kabupaten Kuningan.
        
 “Mudah-mudahan Desa Ciwaru sebagai Desa Perjuangan bisa menjadi juara di tingkat Propinsi dan akan lebih membanggakan lagi kalau dapat lolos ke tingkat Nasional,” harapnya.
         
Selain itu menurut Wabup, berdasarkan penilaian 8 indikator, Desa Ciwaru mengalami lompatan skor dalam kurun waktu tahun 2010-2011. Jadi bukan hasil akhir dari kegiatan pembangunan yang menjadi penilaian utama, namun semangat perubahan dan proses menuju kemandirian itulah yang menjadi pertimbangan tim penilai tingkat Kabupaten, sehingga Desa Ciwaru memenuhi kriteria desa terbaik tahun 2012.
         
Semantara itu Kepala Desa Ciwaru Aris Heryana, SE, M.Si dalam eksposenya menyampaikan laporan mengenai kemajuan pembangunan Desa Ciwaru dalam kurun tahun 2010-2011. Pihaknya menyatakan siap untuk terus maju ke Lomba Desa tingkat Nasional apabila lolos menjadi juara di tingkat Propinsi. Ekspose juga disampaikan oleh Ketua LPM Drs. Yayat Sutaryat dan Ketua TP PKK Desa Ciwaru Ineu Rien Farah Diana yang mempertegas mengenai kemajuan pembangunan Desa Ciwaru di segala bidang.
         
Di tampat yang sama, Ketua tim penilai Hj. Dian Widya Amanawati, SH, CN, menyampaikan sambutan tertulis Gubernur Jawa Barat. Dalam sambutan tersebut dikatakan, bahwa perlombaan desa ditingkat Kabupaten merupakan program pemerintah provinsi Jawa Barat yang senantiasa terus digalakan demi memacu masyarakat ditingkatan paling bawah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan. Pihaknya akan memberikan penilaian seobjektif mungkin terhadap 8 indikator, yakni pendidikan, kesehatan, ekonomi masyarakat, keamana dan ketertiban, lembaga kemasyarakatan serta pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.
         
Menurutnya, dari penilaian 8 kriteria tim penilai akan meniliti keberhasilan usaha masyarakat dalam pembangunan desa dengan dampak terwujudnya peningkatan dibidang kesehatan, ekonomi, partisipasi masyarakat, penguatan kelembagaan, penyelenggaraan pemerintah serta peningkatan fungsi dan peran serta PKK. (mckuningan/ucup supratman)

0 comments:

Post a Comment