Sumber: http://kamu-klik.blogspot.com/2011/11/script-agar-setiap-link-di-blog-kita-di.html#ixzz1kKOSPdG6

Recent Posts

Image and video hosting by TinyPic

Wednesday, February 22, 2012

DOANYA ORANG YANG DI DHALIMI DAN PERBUATAN DHALIM


Oleh : H. Dedi Kurniadi, S.Sos (Sekdis Diskominfo Kuningan)

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Sesama muslim itu adalah bersaudara, saling tolong menolong diantara kita.  Bila dalam kehidupan ini mendapat kesulitan dan tidak menutup kemungkinan semua manusia pasti membutuhkan bantuan orang lain, sekalipun kecil nilainya yang menurut kita anggap untuk merealisasikan hal itu semua, maka dipandang amat perlu sekali. Untuk menciptakan rasa persaudaraan yang intim dalam kehidupan sehari-hari, dengan mengetahui betapa besar nilainya hidup rukun itu, maka jangan sampai ada dikalangan umat islam menganiaya terhadap saudaranya. Kita harus takut kepada Allah SWT, karena dengan menganiaya orang lain, maka akan mendapatkan balasan dengan segera di dunia ini. Ketahuilah bahwa doa-doa orang teraniaya itu selalu dikabulkan oleh Allah SWT, dalam hal ini Nabi bersabda : yang artinya, “ Takutilah akan do’a orang teraniaya, maka sesungguhnya do’a itu dibawa oleh awan, lalu berkatalah Allah SWT, demi kemulian dan kebesaranku. Sesungguhnya Aku (Allah) menolong engkau walaupun sesudah seketika. (HR. Thabrani dari Khuzaimah Bin Tsabit)

Dengan memahami sabda Nabi SAW tersebut di atas, maka kita harus menjauhi perbuatan aniaya terhadap orang lain, dengan menganiaya orang lain maka nantinya dialam kubur akan mendapat siksa yang dibayangkan satu kegelapan yang sangat. Itulah balasan anaya terhadap orang lain.

Sedangkan perbuatan dhalim dalam sabda Nabi SAW yang artinya : “Takutlah perbuatan aniaya, maka sesungguhnya aniaya itu kegelapan pada hari kiamat, dan akan perbuatan bakhil, maka sesungguhnya bakhil itu membinasakan orang yang sebelumnya dan membawa mereka atas pertumpahan darah dan menempatkan mereka pada tempat yang terlarang. (HR. Muslim).

Jadi jelas sekali, bahwa dengan adanya aniaya terhadap orang lain, maka akan berdampak negatif, yakni bisa mengalami kegelapan pada hari kiamat. Disamping itu pula kita harus berusaha untuk menjauhi perbuatan bakhil, rakus serta  tamak. Karena tidak sedikit orang saling bermusuhan, saling membunuh akibat pebuatan tersebut. Islam melarang agar perbuatan tersebut jangan sampai dilakukan dikalangan orang beriman karena akan membawa kerugian diantara sesamanya..

Demikianlah sekilas yang bisa kami sampaikan dengan penuh optimis, kita bisa menjauhi perbuatan yang dilarang oleh agama islam sesuai dengan sabda Nabi SAW diatas.

Mudah-mudahan yang kami sampaikan pada kesempatan ini membawa manfaat bagi yang membacanya. Kurang lebihnya kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Billahi Taufik Wal Hidayah
Wassalamu’alaikum wr.wb

0 comments:

Post a Comment