Sumber: http://kamu-klik.blogspot.com/2011/11/script-agar-setiap-link-di-blog-kita-di.html#ixzz1kKOSPdG6

Recent Posts

Image and video hosting by TinyPic

Monday, January 16, 2012

Cara Dinas Bina Marga Atasi Bencana Alam

Begitu cepat dan tanggap Kepala Bidang Pemeliharaan jalan dan jembatan Dinas Bina Marga Kabupaten Kuningan begitu ada kontek via HP dari  Assisten daerah II Drs. H. Yayan Sofyan, MM adanya bencana alam, dari akibat sebuah gorong – gorong yang berlokasi di Desa Cikupa, Kecamatan Darma ( sebelah timur SPBU darma) tersumbat total sejak hari Sabtu yang lalu sehingga menimbulkan genangan air yang luas bagai “ Situ Dadakan “ bercampur sampah di area sawah yang cukup luas terdapat sebuah kandang ayam juga terendam mengakibatkan gorong – gorongnya tersumbat.

Hingga pada akhirnya tanah pingir jalan / trotoar berikut monumen perbatasn desa pun terbawa longsor akibat tekanan air dari situ dadakan yang merembes cukup kuat , kemudian jebol , diatmbah hujan deras tiada henti – hentinya yang mengguyur kecamatan Darma dan wilayah wilayah Kuningan.

Bencana tanah longsor dipinggir jalan itu mengakibatkan tanah amblas dengan kedalaman 7 meter X 4 meter X 7 meter, dengan jarak dari jalan raya sekitar 75 cm. Adapun kedalaman air diswah tersebut sekitar 6 meter.

Dandim 0615 Kuningan, Letkol . Kav. Sugeng Waskito Aji. S.IP nampak juga sangat peduli atas kejadian tersebut, terlihat dari sigapnya ia dilapangan mengkordinasikan penanggulangan bencana alam tersebut.

Dalam upaya membuang genangan air tersebut, Assda II dan Kepala Dinas SDAP Kuningan Drs. Kukuh Taufiqul Malik,MM menugaskan untuk mengambil penyedot air dari kantornya, sehingga pada saat itu ada tiga unit mesin penyedot air.

Apalagi Kabid Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga, Ade Sukayat, langsung mengadakan rapat dadakan di lokasi kejadian. Dan selanjutnya mempekerjakan sejumlah kuli – kuli untuk segera mengali dan memperbaiki gorong – gorong yang tersumbat, aga air dari arah seberang dapat teratasi dan tidak lagi tersumbat. Agar para kuli tersebut bekerja maksimal, Ade Sukayat pun membayar dimuka upah kerjanya. (Mansluck)

0 comments:

Post a Comment