Sumber: http://kamu-klik.blogspot.com/2011/11/script-agar-setiap-link-di-blog-kita-di.html#ixzz1kKOSPdG6

Recent Posts

Image and video hosting by TinyPic

Monday, January 16, 2012

Kantor Badan Penanggulangan Bencana Kuningan



Urusan Penangulangan Bencana, kini semakin mendapatkan perhatian pemerintah. Untuk mengurus masalah Bencana yang seringkali terjadi, Pemerintah daerah Kabupaten Kuningan telah membentuk Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan.

Kantor baru  tersebut, untuk sementara bertempat di lingkungan perkantoran Pemda, dilantai dua, berdekatan dengan Bagian Ekonomi. Disebuah ruangan kecil berukuran panjang 9 meter dengan lebar 6 meter.

Kantor BPBD ini dibentuk beradasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kuningan No 6 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana dan Peraturan Daerah No 7 Tahun 2011 tentang Pembentukan Organisasi Dan Tata Erja BPBD Kabupaten Kuningan , serta Peraturan Bupati Kuningan No 23 tahun 2011 tentang Tupoksi dan Uraian Tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kuningan.

Sebagai tindak lanjutnya, bulan Agustus 2011, Bupati Kuningan melantik sebanyak 10 pejabat struktural yang  akan mengelolanya.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kuningan, Sri Ucu Sukmawati, SE.M.Ak  ketika ditemui penulis diruang kerjanya menjelaskan, pada tahun 2012 ini, BPBD memiliki banyak program terutama dalam pencegahan bencana . Beberapa program tersebut diantaranya Pengembangan Iptek Keren-canaan/Pemasukan Kurikulum di tingkat SD dan SMP,  Rencana Aksi Daerah Pengurangan Resiko Bencana (RADPRB) baik untuk Kabupaten Kuningan atau lintas batas Kuningan Summit. Kemudian Penetapan  rancang bangun yang tepat di Kabupaten Kuningan., jelasnya.
Ketika ditanya mengenai jumlah tenaga pelaksana yang masih terbatas, Sekretaris BPBD mengatakan, BPBD Kuningan memang ramping struktur tapi kaya fungsi. BPBD memiliki fungsi koordinasi komando dan penyelenggaraan, sedangkan untuk urusan teknis dilapangan bekerjasama dengan dinas terkait dan stakeholders.

0 comments:

Post a Comment