Sumber: http://kamu-klik.blogspot.com/2011/11/script-agar-setiap-link-di-blog-kita-di.html#ixzz1kKOSPdG6

Recent Posts

Image and video hosting by TinyPic

Monday, January 16, 2012

Di Tahun 2011, Sejumlah Gedung Kantor Selesai Dibangun


Kondisi bangunan perkantoran di lingkungan Pemda Kabupaten Kuningan pada tahun 2011 mendapat perhatian, sejumlah kantor dibangun dan direnovasi Pemerintah Kabupaten Kuningan . Hasilnya tampak sekarang, wajah – wajah perkantoran itu enak dipandang mata, dan menjadi tempat bekerja yang nyaman.

Disamping memprogramkan pembangunan gedung perkantoran, Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Kabupaten Kuningan memiliki banyak kegiatan pembangunan lainnya seperti PPIP, Pansimas, PKP,  kata Drs.H. Lili Suherli.M.Si kepada penulis.

“ Adapun pembangunan gedung-gedung yang sedang dalam pembangunan atau yang sudah selesai dan telah digunakan diantarannya gedung Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Kominfo,   Dinas Kesehatan, BKKBCS, BPPT, BPMD, HUTBUN,  Disperindag, BKD, dan gedung Kesenian.

Adanya gedung Kesenian ini sesuai aspirasi para seniman dan kelompok seni yang berkeinginan Kuningan memiliki gedung kesenian untuk aktivitas pentas mereka. Sekarang bangunan itusudah terwujud tinggal penggunaanya,  dan untuk kelengkapan  lainnya nanti kedepannya bisa ditambah.

Disamping memprogramkan pembangunan gedung-gedung pemerintahan, Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya juga memperhatikan bangunan – bangunan rumah  warga/masyarakat Kuningan. Salah satu contohnya, jelas H Lili Suherli,  kita melirik ke pembangunan rumah-rumah warga yang tidak layak huni tapi kita sifatnya bukan program rumah tidak layak huni (Rutilahu), tapi program MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah). Itu program pemberdayaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Perumahan Rakyat ( Kemenpera). Pada awal tahun 2011, Kabupaten Kuningan mendapat  alokasi 100 unit, dan pada saat anggaran perubahan kemarin mendapat lagi tambahan 300 unit, jadi seluruhnya untuk tahun 2011 itu  sebanyak 400 unit.          Dalam program ini, ada yang sifatnya peningkatan kapasitas perumahan, dan ada pembangunan rumah.

Dalam pelaksanaannya, jelan mantan Kabag Humas Pemda Kuningan,  Kemenpera bekerjasama dengan BPN .  Melalui program PKP ini, setiap rumah yang dibangun langsung dibantu mendapatkan sertifikat tanah dari kantor Badan Pertanahan Nasional  (BPN) Kuningan. Dengan adanya bantuan stimulant dari pemerintah yang jumlahnya Rp 5 juta melalui program ini, sangat diharapkan adanya swadaya masyarakat dan kegotong-royongan dari warga desa setempat. Kalau melihat sementara ini kegotong-royongan warga/masyarakat Kabupaten Kuningan cukup tinggi, hal itu terlihat dari pembangunan 400 rumah selesai sesuai target.

Kemudian selain menangani pembangunan perumahan, Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya melaksanakan pembangunan sarana lingkungan (Sarana Prasarana Lingkungan). Biayanya disamping dari anggaran APBD Kuningan, juga bantuan dari pemerintah Propinsi. Seperti pembangunan taman SDN VIII yang sudah menjadi taman juga perbaikan pandapanya. Kegiatan pembangunan sarana dan prasarana lingkungan ini dilaksanakan juga dibeberapa puluh desa..
Demikian juga dengan pembangunan Drynase untuk pengadaan air bersih mendapat anggaran dari DAK,  lokasinya empat desa .  Seperti Drynase di Cigugur komplek BTN Cijoho, juga drynase perumahan lingkungan. Dan banyak juga pembangunan-pembangungan pemberdayaan masyarakat, seperti melalui program  dari pusat, apakah itu PPIP, Pamsimas,  P2KP yang jumlahnya cukup banyak di sekian desa, ujar Kepala Dinas  Tata Ruang dan Cipta Karya (TRCK) Drs. H. Lili Suherli, M.Si (06/12) Kamis 2011 di ruang kerjanya.

0 comments:

Post a Comment