Sumber: http://kamu-klik.blogspot.com/2011/11/script-agar-setiap-link-di-blog-kita-di.html#ixzz1kKOSPdG6

Recent Posts

Image and video hosting by TinyPic

Thursday, March 22, 2012

Harga BBM Naik Masyarakat Khawatir

Rencana pemerintah menaikan harga BBM dalam waktu dekat, dikelulikan banyak pihak, tidak hanya masyarakat kecil, tapi kalangan pelaku usahapun sangat khawatir. Pasalnya dampak yang ditimbulkan dari naiknya harga BBM sangat kompleks, berimbas terhadap semua sektor.

Seperti kekhawatiran para sopir agkutan umum baik angkutan kota maupun pedesaan, dengan naiknya harga BBM dapat dipastikan akan menambah beban. Jangankan nanti ketika harga BBM naik, sekarangpun untuk mengejar setoran sudah sangat berat. Kondisi ini terjadi karena kurangnya penumpang, akibat menjamumya pengguna sepeda motor, dari mulai masyarakat umum, karyawan, mahasiswa balikan anak sekolah sudah jarang yang menggunakan jasa angkutan umum. Sementara kenaikan tarif baru angkutan yang akan diberlakukan belum tentu sepadan dengan kenaikan harga BBM, sehingga besarnya pendapatan akan berkurang.

Demikian pula halnya para pelaku usaha produk makanan, mereka sangat khawatir usahanya mengalami kerugian akibat tingginya biaya operasional. Karena dampak dari kenaikan harga BBM berpengaruh terhadap biaya angkutan, sehingga harga bahan bakupun akan ikut naik. Sementara solusi dengan menaikkan harga produksi belum tentu bisa dilakukan, karena daya beli masyarakat akanmenurun.

Salah seorang pedagang Bakso keliling, Sukimo ketika dimintai pendapatnya, Jum'at (02/03/12) mengaku khawatir, usahanya akan mengalami kemunduran, karena bahan baku seperti, daging, mie, tepung tapioka dan bumbu-bumbu harganya aka ikut naik. Sedangkan jika harga per porsi dinaikkan belum tentu bisa diterima konsumen.

Masih banyak lagi pihak yang mengeluh menjelang kenaikan harga BBM yang direncanakan pemerintah dalam waktu dekat ini. Namun apalah daya, demi menyelamatkan APBN, terpaksa pemerintah mengurangi subsidi BBM dengan segala konsekuensinya. (mckuningan/dink sa)

0 comments:

Post a Comment