Sumber: http://kamu-klik.blogspot.com/2011/11/script-agar-setiap-link-di-blog-kita-di.html#ixzz1kKOSPdG6

Recent Posts

Image and video hosting by TinyPic

Thursday, March 22, 2012

Jalan Rusak Membawa Berkah

Kerusakan ruas jalan Garawangi Ciniru saat ini cukup memprihatinkan dan sangat mengganggu kelancaran lalu lintas. Beberapa titik nampak bergelombang dan berlubang, sehingga kendaraan yang melintas terpaksa harus ekstra hati-hati. Belum lagi kondisi geografis daerah perbukitan, rute jalan pun berkelok-kelok, turun naik dan banyak tikungan taj am.

Kondisijalan tersebut dikeluhkan warga terutama pengendara kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Pengendara tidak dapat memacu kendaraannya pada kecepatan optimal, sehingga waktu tempuh perjalananpun jauh lebih lama dibandingkan pada saat kondisijalan masih bagus.

Namun demikian, kondisi jalan seperti ini ternyata memberi berkah bagi para pemuda setempat, banyaknya lubang di jalan raya dapat membangkitkan inisiatif mereka. Beberapa orang pemuda memanfaatkannya untuk sekedar mengisi waktu, mereka turun ke jalan dan melakukan perbaikan sebisanya dan seadanya. Jalan yang berlubang diperbaiki dengan cara mengurug lubang tersebut dengan batu split yang mereka ambil sendiri dari kali. Aksi pengurugan lubang ini dilakukan berpindah-pindah dari satu titik ke titik lainnya, sehingga jumlah lubang di jalan raya sedikit demi sedikit berkurang.

Diakui warga, inisiatif mereka sangat membantu, karena jalan yang semula berlubang, kini sebagian sudah rata. Meskipun tidak sempurna, paling tidak kendaraan yang melintas sedikit merasa nyaman. Sebagai imbalan dari hasil kerja mereka, setiap kendaraan yang melintasi titik yang sedang diperbaiki, memberikan sumbanganuang alakadarnya.

Salah seorang dari para pemuda, Adi (20) mengatakan, bahwa aksi mengurug lubang di jalan ini adalah inisiatif mereka. Kalaupun ada yang memberi uang alakadarnya, akan diterima dengan senang hati. Diakuinya, dari hasil sumbangan para pengendara, setiap harinya tidaklah besar, berkisar antara 20 hingga 30 ribu rupiah. Hasilnya dibagi rata dengan teman- temannya.

Sementara, camat Ciniru Agus Suryo SY, S.Sos membenarkan bahwa kondisi jalan di Ciniru sudah lama rusak. Pihaknya berharap dalam waktu dekat jalan tersebut segera diperbaiki. (mckuningan/dink sa)

0 comments:

Post a Comment