Sumber: http://kamu-klik.blogspot.com/2011/11/script-agar-setiap-link-di-blog-kita-di.html#ixzz1kKOSPdG6

Recent Posts

Image and video hosting by TinyPic

Thursday, March 22, 2012

Pesan Moral Melalui Kesenian Tradisional

Masyarakat Desa Pasawahan terutama pecinta Wayang Golek terobati sudah kerinduannya akan kesenian yang memiliki banyak keunggulan dan menjadi salah satu Kesenian Tradisional Komunikatif dari sejumlah Kesenian Tradisional lainnya yang ada di Jawa Barat.

Pagelaran Wayang Golek semalam suntuk berlangsung hari Sabtu malam Minggu 3 maret 2012, bertempat di alun-alun Desa Pasawahan Kecamatan Pasawahan. Menampilkan Dalang Djodjo Hamzah HS bersama Lingkung Seni Pusaka Aria Kamuning dari Desa Winduj anten Kecamatan Kadugede.

Pagelaran wayang ini mampu menghipnotis para penggemamya dengan lakon yang digarapnya juga piawai dalam mengemas cerita yang kaya akan makna dan pesan moral, mengocok perut dengan banyolan- banyolannya yang segar juga merupakan nilai plus. Itulah kelebihan dalang yang pemah meraih juara I Binojakrama Pedalangan se Jawa Barat.
Pagelaran ini diselenggarakan oleh Dinas Komuninkasi dan Informatika Kabupaten Kuningan, dalam rangka kegiatan program kerja tahun 2012 untuk peningkatan pelayanan pembangunan. Bertujuan untuk melestarikan Kesenian Tradisional Wayang Golek sebagai Media Komunikasi dalam menyebarluaskan informasi pembangunan kepada masyarakat.
Bupati Kuningan dalam sambutan tertulis yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Kesra, H. Suraja, SE, M.Si, antara lain mengatakan, Kesenian Wayang Golek merupakan seni tradisional komunikatif yang banyak digemari masyarakat dan lakon yang ditampilkan mempunyai nilai filosopi tinggi dalam mencari kehidupan yang adil dan benar. Oleh karena itu kesenian tradisional Wayang Golek haras dilestarikan.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan Drs. Deniawan, M.Si, mengharapkan, dengan Tema”Memahami Bencana Alam dan Bahaya Narkoba Melalui Informasi yang Tepat dan Cepat sedini mungkin, adalah upaya untuk mengurangi resiko Bencana dan Narkoba” masyarakat agar tetap " memahami bencana alam dan bahaya narkoba melalui informasi yang tepaty dan cepat sedini mmungkin,adalah upaya mengurangi resiko bencana dan narkoba.        .

waspada, karena bencana alam dan narkoba selalu mengancam kapanpun dan dimanapun kita berada. Selain itu mengajak masyarakat untuk lebih mencintai kesenian tradisional danmenjadikannya Tuntunan selain Tontonan.

Acara tersebut selain disaksikan masyarakat Desa Pasawahan dan sekitarnya terutama pecinta Wayang Golek, juga dihadiri Keluarga Besar Diskominfo dan Forum Kordinasi Kecamatan, Kepala Desa, BPD, LPM, Tokoh Masyarakat dan sejumlah undangan. (mckuningan/rumli)

0 comments:

Post a Comment