Sumber: http://kamu-klik.blogspot.com/2011/11/script-agar-setiap-link-di-blog-kita-di.html#ixzz1kKOSPdG6

Recent Posts

Image and video hosting by TinyPic

Thursday, March 22, 2012

Olah Raga Biliar Kini Banyak Diminati

Kesan yang melekat di masyarakat tentang Biliar adalah olah raganya kaum lelaki iseng. Rumah Biliar seakan menjadi tempat hiburan para lelaki semata. Apalagi kehadiran para score girl yang berparas cantik dan bisa dijadikan penghibur para pe-Biliar, lebih mempertegas kesan, bahwa Biliar cenderung berbau mesum. Fenomena ini terjadi beberapa tahun ke belakang, sehingga Biliar kebanyakan hanya diminati kalangan lelaki berduit dengan motivasi hiburan semata.

Namun kini fenomena itu berubah, Biliar tidak hanya diminati kaum pria, tapi wanitapun mulai tertarik. Sehingga suasana Rumah Biliar saat ini mempunyai warna tersendiri dan kesan negative pun telah pupus.

Seperi dikatakan ketua POBSI Kabupaten kuningan H. Wawan Hermawan JR,  saat diwawancarai, Kamis (08/3), bahwa Biliar sudah merupakan perpaduan olah raga, hiburan dan gaya hidup. Sekaligus sebuah kegemaran dan keasyikan tersendiri bagi kalangan muda mudi bahkan para professional muda.

“Di era sekarang ini, orang tak sekedar nongkrong menyodok bola, tapi juga diarahkan untuk memenangkan kompetisi yang diselenggarakan secara reguler di semua tingkatan,” terangnya.

Dituturkan Wawan, bahwa Biliar adalah sebuah cabang olah raga yang masuk dalam kategori olah raga konsentrasi. Sehingga sangat dibutuhkan ketahanan dan pemahaman mental yang benar. Selain itu harus ditunjang pula oleh kemampuan fisik yang prima, agar dapat berprestasi lebih tinggi dan stabil.

 “Cabang olah raga Biliar dimainkan di atas meja dengan peralatan bantu khusus serta peraturan tersendiri. Permainan ini terbagi atas beberapa jenis, antara lain, jenis Carom, English Biliar dan Pool. Biliar juga dapat dimainkan secara perorangan maupun tim,” jelasnya
Sebagai contoh, lanjut Wawan mengatakan, jenis Carom dimainkan di meja yang tidak memiliki lubang. Berbeda dengan English Biliar dan Pool yang dimainkan di meja yang memiliki 6 lubang. Sementara untuk jenis English Biliar dan Pool, meskipun sama-sama memiliki 6 lubang, namun ukuran luas mejanya berbeda. Sampai saat ini yang sangat berkembang di Indonesia adalah jenis Pool yang terbagi dalam nomor bola 15, 8, 9 dan 10. (mckuningan/dink sa)

0 comments:

Post a Comment