Sumber: http://kamu-klik.blogspot.com/2011/11/script-agar-setiap-link-di-blog-kita-di.html#ixzz1kKOSPdG6

Recent Posts

Image and video hosting by TinyPic

Thursday, March 22, 2012

RS Ibu dan Anak Linggajati Siap Beroperasi

Di tahun 2012 ini, Kabupaten Kuningan menambah lagi sebuah rumah sakit milik pemerintah. Sarana pelayanan kesehatan itu bernama Rumah Sakit Ibu dan Anak Linggajati, yang berlokasi di Desa Bandorasa Wetan, Kecamatan Cilimus.

Rumah sakit ini berdiri diatas tanah seluas 3,8 hektar , dengan fasilitas ruang unit gawat darurat, pelayanan umum, kamar operasi hingga kamar pasien yang baru tersedia 50 tempat tidur serta fasilitas terapi penyembuhan.

Untuk pelaksanaan operasional rumah sakit baru ini, belum lama ini Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda sudah melantik para pejabat yang akan mengelolannya. Sebagai Kepala ditunjuk dr. H. Asep Hermana, dokter senior yang semula berdinas di Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan.

Bupati Aang mengatakan, RS Ibu dan Anak Linggajati ini diharapkan sudah mulai beroperasi dan menerima pasien. Untuk kesiapan pelayanan maksimall, secara bertahap, pembangunannya akan terus dilakukan dan kedepan apabila sudah lengkap fasilitasnya , RS ini akan menjadi RS Umum yang akan dikelola oleh Badan Layanan Umum Daerah.
Menurut Bupati, Rumah Sakit ini bisa menjadi solusi untuk menekan angka kematian ibu dan anak di Kabupaten Kuningan. Selain itu, RS ini juga menerima semua pasien, apabila tidak tertangani, akan di rujuk ke RSUD 45 Kuningan untuk dilakukan tindakan selanjutnya.

Ditambahkan Bupati, Rumah Sakit ini harus memiliki SDM yang berkualitas dan pengelolaan yang baik, karena dana yang dikucurkan tak sedikit, yakni Rp 23 miliar dari APBN berikut peralatan medisnya. Kemudian untuk menjaga ketertiban, para pedagang akan diberikan tempat agar tidak berjualan didepan RS, karena tidak enak dipandang.

Sementara itu, Dr. H. M. Afif Kosasih, M.Kes dalam keterangannya mengatakan, bahwa untuk sementara ini, RS Ibu dan Anak Linggajati baru menyediakan 50 tempat tidur pasien dari total rencana 300 kamar yang terdiri dari kelas 1,2 dan 3. RS ini, tidak hanya menampung pasien Ibu dan Anak saja, karena telah tersedia pula Ruang Bedah dan Ruang Penyakit Dalam.

Adanya rumah sakit Linggajati ini diharapkan lebih mendekatkan pelayanan bagi masyarakat sekitar khususnya yang berada diwilayah Kuningan utara, seperti masyarakat dari wilayah Kecamatan Pasawahan, Mandirancan, Pancalang, Cilimus, Cigandamekar, Jalaksana, dan Japara. (mckuningan/dink sa)

0 comments:

Post a Comment